Perpustakaan Ijul (yuliono): My Giveaway: Buku Gratis Buat Yang Mau

Review: Hansel dan Gretel - Lomba Resensi Buku Serambi 2011

Judul: Hansel dan Gretel dan Dongeng-Dongeng Lain
Penulis: Grimm Bersaudara
Penerbit: Atria
Terbit: April 2011
Tebal: 184 hlm
ISBN: 9789790244610



Dongeng merupakan suatu kisah yang diangkat dari pemikiran fiktif dan kisah nyata, menjadi suatu alur perjalanan hidup dengan pesan moral yang mengandung makna hidup dan cara berinteraksi dengan makhluk lainnya. Dongeng juga merupakan dunia hayalan dan imajinasi dari pemikiran seseorang yang kemudian diceritakan secara turun-temurun dari generasi ke generasi. Terkadang kisah dongeng bisa membawa pendengarnya terhanyut ke dalam dunia fantasi, tergantung cara penyampaian dongeng tersebut dan pesan moral yang disampaikan. Sekarang kisah asli dari dongeng tersebut hanya diambil sebagian-sebagian, kemudian dimodifikasi dan ditambah, bahkan ada yang diganti sehingga melenceng jauh dari kisah dongeng aslinya, kisah aslinya seakan telah ditelan zaman. [sumber: Wikipedia]

Judul utama di buku ini adalah Hansel dan Gretel, bercerita tentang kisah petualangan kakak beradik di hutan belantara. Keduanya sengaja ditinggalkan di dalam hutan oleh kedua orang tuanya, sebenarnya ibu tiri merekalah yang memiliki pikiran jahat tersebut, dia berpikir kalau Hansel dan Gretel di buang ke hutan maka keadaan mereka akan lebih baik dan tidak lagi kekurangan makanan.

Karena kecerdikannya beberapa kali Hansel dan Gretel berhasil kembali ke rumah setelah mereka ditinggalkan di tengah hutan, sayang sekali untuk kali ketiga mereka gagal menemukan jalan pulang dan tersesat di dalam hutan selama berhari-hari, sampai akhirnya mereka menemukan rumah seorang penyihir jahat yang berpura-pura baik dan bermaksud memangsa keduanya.

Review: Madre

Judul: Madre
Penulis: Dewi 'Dee' Lestari
Penerbit: Bentang Pustaka
Terbit:
Juli 2011
Tebal:
176 hlm
ISBN: 9786028811491




Saya sebenarnya ogah dibilang ikut-ikutan, tapi untuk hal yang satu ini saya nggak bisa menolak untuk nggak memasukkan Madre ke salah satu koleksi buku saya apalagi kalau bukan karena penulisnya - Dee.

Madre adalah buku yang menyajikan 13 kumpulan cerpen, puisi, serta prosa pendek karya Dewi Lestari. Ini adalah buku ketujuhnya setelah trilogi Supernova, Filosofi Kopi, Recto Verso, dan Perahu kertas.

Review: Libri di Luca

Judul: Libri di Luca
Penulis: Mikkel Birkegaard
Penerjemah: Fahmy Yamani
Tebal: 588 hlm, 15 x 23 cm
Terbit: Cetakan III, April 2010
Penerbit: Serambi Ilmu Semesta



Ternyata buku mampu membuat seseorang melakukan serangkaian pembunuhan, bukan karena buku itu bernilai tinggi tapi karena kekuatan yang dimiliki oleh Sang Pembaca yang dapat membuat sebuah buku begitu berbahaya bagi orang lain.

Luca Campelli adalah pemilik sebuah toko buku antik di Denmark, bernama Libri di Luca. Dia ditemukan meninggal karena serangan jantung di toko bukunya pada malam sepulangnya berpergian dari luar kota. Kematian Luca yang begitu mendadak menjadi pukulan bagi orang-orang yang mengenal dirinya, termasuk Jon Campelli. Meski hubungan antara Jon dan Luca tidak harmonis selama 18 tahun tapi kepergian ayahnya yang begitu mendadak kali ini membuat Jon sangat kehilangan.

Sebagai pewaris satu-satunya, Libri di Luca beralih kepemilikan pada Jon, karirnya sebagai pengacara dan ketidak tahuannya akan buku membuat Jon tidak menginginkan toko buku milik ayahnya tersebut. Svend Iversen, asisten Luca - berusaha meyakinkan Jon bahwa toko buku itu harus berada di tangan Jon dan bukan orang lain, karena ada sebuah rahasia di dalam Libri di Luca yang tidak boleh diketahui orang luar, termasuk kematian Luca yang diduga dibunuh oleh salah seorang Lector.
Designed by FlexyCreatives