Review: Gadis Korek Api #2

ImagePenerbit: Atria
Penulis: H.C. Andersen
Edisi: Soft Cover
ISBN-13: 9789790244627
Tahun terbit: April 2011
Bahasa: Indonesia
Tebal: 269 hlm.
Ukuran: 130x205x0 mm

Usia kelayakan baca: 7 y.o and above

Saya sudah baca buku ini dari lama. Tapi sekarang saya baca ulang lagi dan saya buat reviewnya - dalam rangka memeriahkan Reading Challenge yang di host oleh Kak Busyra (please visit her blog here)

Nah, meski re-read - tapi bukan re-post, karena kali ini saya review masing-masing cerita..

#1: Kisah Cinta Putri Duyung Kecil, cerita ini mengisahkan tentang putri duyung bersaudara, tokoh utamanya ada putri duyung bungsu yang memiliki suara sangat indah. Suatu ketika si bungsu jatuh cinta dengan pangeran yang sangat tampan. Demi pujaan hatinya si bungsu rela kehilangan suaranya agar dia bisa berdiri berdampingan dengan Pangeran, si bungsu percaya bahwa pangeran kelak akan mencintainya sepenuh hati. Tapi sungguh disayangkan, ternyata pangeran malah mencintai gadis lain dan mereka berdua segera menikah.  Patah hati? Jelas! Si putri duyung, memiliki dua pilihan - jika dia mau menikam jantung sang pangeran maka hidupnya akan tertolong dan dia bisa kembali ke laut sebagai putri duyung, tapi jika tidak, maka putri duyung akan mati dan jasadnya berubah menjadi buih di lautan. Menurut kalian pilihan manakah yang akan diambil si bungsu?

#2 Angsa-Angsa Liar, diantara ke sepuluh cerita yang ada di buku ini, hanya cerita ini yang bisa bikin saya menangis terharu, termehek-mehek malah. Saya sampai lupa dengan beberapa typo yang terjadi di cerita ini, agak ganggu tapi ya sudahlah.. Cerita ini mengisahkan tentang dua belas kakak beradik, 11 pangeran dan seorang putri (wow! saya mau deh jadi si putri, kan enak punya kakak laki-laki sebanyak 11 orang, bayangkan betapa damainya hidup saya, heheehe) Kehidupan kakak beradik itu begitu menyenangk dan bahagia, hingga suatu ketika Sang Ayah membawa Permaisuri baru - dan begitulah, bisa dibayangkan bukan? Ibu barunya adalah seorang penyihir yang jahat, dia mengusir dan mengutuk 11 pangeran menjadi angsa, sedangkan sang Putri diusir dari istana karena wajahnya sangat jelek, sebelumnya si penyihir mengoleskan ramuan sehingga membuat wajah putri yang cantik nampak begitu buruk. Lalu apa yang membuat saya berlinang air mata? Pengorbanan yang dilakukan kakak beradik di cerita ini sangat mengharukan, sang kakak begitu sayang terhadap saudarinya, begitu juga sebaliknya, duh! pokoknya bikin hati meleleh..

#3 Sang Putri Sejati, cerita ini tentang mencari seorang putri sejati dengan meletakkan sebutir kacang hijau, dibawah tumpukan kasur sebanyak 20 tingkat ditambah dengan 20 selimut yang terbuat dari bulu - dan ternyata ada satu putri yang bisa merasakan adanya biji kacang hijau itu, karena ketika ditanya oleh Ratu, "apakah tidurnya nyenyak" putri itu menjawab "tidak" dan badannya terasa pegal-pegal. Wow! Wow yang pertama, cerita ini hanya menghabiskan 1-2 halaman. Wow yang kedua, kulit si putri benar-benar ajaib! so sensitive..

#4 Thumbelina, berkisah tentang seorang gadis mungil yang ukurannya sebesar ibu jari, dia mempunyai wajah yang sangat cantik, hingga membuat tertarik seekor ibu katak dan berniat menjadikannya menantu, untung saja Thumbelina di selamatkan oleh sekawanan ikan dan seekor kupu-kupu, tapi ditengah perjalanannya, kecantikan Thumbelina membuat seekor lebah tertarik dan membawanya terbang, tapi lagi-lagi dia terselamatkan karena para lebah betina tidak menyukainya, hingga Thumbelinan disuruh pergi. Ditengah kebingungan dan kelaparan Thumbelina tiba dirumah salah satu tikus yang baik hati, tikus itu memberi Thumbelina tempat tinggal dan makanan, sayangnya sang tikus punya keinginan yang sedikit aneh, dia berniat menikahkan Thumbelina dengan tikus mondok, menurutnya Thumbelina akan bahagia, karena tikus mondok adalah tikus yang kaya raya dan pintar (owh, okay!) Lalu, bagaimanakah kelanjutan kisah Thumbelina? Nope, I won't tell, yang pasti ceritanya happy ending, ehehe..

#5 Burung Bulbul, kisah ini bercerita tentang Burung Bulbul yang jago menyanyi dan memiliki suara sangat indah. Keindahan suara si burung bulbul ini dikenal oleh para wisatawan diluar kerajaan china. Suatu ketika salah seorang pelajar asing mendengar nyanyian burung bulbul, dia begitu terkesima sehingga pemuda itu menceritakannya dalam bentuk tulisan. Tulisan ini sampai di tangan kaisar China. Si Kaisar merasa kaget karena dia tidak mengetahui tentang kisah si burung bulbul dan tidak seorangpun di istana yang pernah membicarakannya, tapi diluar sana bahkan diluar China, semua orang mengelu-elukan si burung bulbul. Finally, Sang Kaisar meminta bawahannya untuk mencari si burung bulbul dan membawanya ke istana, setelah beberapa kali pencarian, burung bulbul ditemukan dan berhasil dibawa keistana. Sesampainya di istana, burung tersebut diminta untuk menyanyi, maka menyanyilah dia, nyanyianya begitu indah hingga membuat sang Kaisar terharu dan menangis, sejak saat itu burung bulbul tinggal di istana. The End. No, no - ceritanya tidak berhenti sampai disini. Suatu ketika Sang Kaisar mendapat kiriman Burung Bulbul dan Kaisar Jepang, bukan benda hidup tetapi buatan tangan, alias benda mati, burung mesin itu cukup menarik hati para penghuni istana, mereka memuji-mujinya. Karena merasa keberadaannya sudah tidak dibutuhkan di istana, si burung bulbul pergi meninggalkan istana dan kembali ke hutan. Si Burung Mesin akhirnya memperoleh gelar Penyanyi Agung Kamar Tidur Kaisar. Bertahun-tahun berlalu, dan kesehatan Kaisar makin lama makin menurun, suatu malam datanglah sang Maut yang hendak mencabut nyawa Kaisar, Kaisar meminta tolong Burung Mesinnya untuk menyanyi tapi Burung itu hanya terdiam, siapa yang bisa menyalakannya, sedangkan di kamar itu kaisar hanya seorang diri dengan sang Maut. Tiba-tiba datanglah si burung bulbul, dia mendengar permohonan sang Kaisar, burung bulbul mulai menyanyikan lagu untuk sang Kaisar. So what happen next? Please read it by yourself yaahh..ehehe..its happy ending! One of my favorite story ^_^

#6 Gadis Korek Api, bercerita tentang Gadis kecil penjual korek api, yang sedang menjual dagangannya di malam tahun baru, gadis kecil itu begitu malang karena tidak seorangpun yang membeli korek apinya, dedangkan dia tidak berani pulang kerumah dengan tangan kosong, karena takut akan dipukul ayahnya. Di akhir cerita gadis kecil itu ditemukan meninggal keesokan paginya karena kedinginan. Sedihnyaa...huhuhu.. >_<,,

#7 Ratu Salju: Dongeng Dalam Tujuh Kisah, menceritakan tentang persahabatan antara Gerda dan Kay, disini diceritakan bahwa Kay kecil secara tidak sengaja terbawa pergi oleh Ratu Salju, ketika kereta luncurnya terikat di kereta salju milik ratu salju. Dan setelah kepergian sahabatnya, Gerda kecil berniat mencari keberadaan Kay. Tanpa petunjuk apapun Gerda memulai petualangannya mencari Kay, dia melintasi belahan lain dunia demi menemukan Kay, di setiap perhentiannya Gerda selalu mendapatkan pertolongan, pertolongan pertamanya adalah dari seorang Penyihir Perempuan, perjalanan berikutnya dia ditolong oleh Pangeran dan Putri yang baik hati, selanjutnya dia ditolong oleh Gadis Perampok Cilik, kemudian saat dia meneruskan perjalanan menuju tempat Kay, dia ditolong oleh Rusa Kutub (tawanan Gadis Perampok) dan Perempuan Lapland dan Finland, sampai akhirnya Gerda berhasil menemukan Kay di istana Ratu Salju, saat keduanya kembali ke kota tempat tinggal mereka dulu, keduanya telah tumbuh menjadi dewasa dan bukan anak kecil lagi - Wow! bisa dibayangkan pengorbanan sekaligus perjalanan yang ditempuh Gerda untuk Kay!

#8 Baju Baru Kaisar, kisah ini tentang seorang Kaisar yang hobinya memakai dan membeli pakaian baru - yang ada dibenak saya si Kaisar ini pastilah shopaholic sejati. Well, karena 'kekurangan' inilah si Kaisar sangat mudah diperdaya. Ada dua orang penipu yang mengaku tukang tenun terbaik, mereka hanya membuat pakaian dari bahan-bahan berkualitas dan hasilnya hanya bisa dilihat oleh orang-orang yang pandai dan terpelajar a.k.a tidak bodoh. Begitu rumor yang beredar dimasyarakat, hingga akhirnya terdengar ditelinga kaisar. Karena hobinya itu tadi, Kaisar meminta tukang tenun bohongan itu untuk membuat baju yang akan dipakainya untuk acara perayaan kerajaan. Singkat cerita, baju Kaisar jadi juga, tapi sesungguhnya tidak ada satu helai benang pun yang menempel di baju kaisar. Dan karena rumor sebelumnya yang beredar, maka masyarakat dan para pengurus istana yang tidak ingin dibilang bodoh, mereka pura-pura bisa melihat pakaian baru sang Kaisar. Hanya anak kecil yang tidak tahu apa yang berani bilang kalau "Kaisar telanjang" - ini bener-bener cerita yang nyebelin, nyebelin karena kok ya ada orang segitu naifnya, duh!

#9 Kisah Rembulan, jujur aja saya ngga rampung baca cerita yang satu ini, pertama karena membosankan, isinya ada 33 kisah yang tidak berhubungan antara satu kisah dengan kisah lainnya, dan ini adalah cerita hasil pandangan mata sang rembulan, saya cuma bisa bertahan di cerita ke 9, selebihnya saya skip, ehehee..

#10 Anak Itik Buruk Rupa, cerita ini tentang si anak itik yang di jauhi dan di hina serta caci baik oleh kawanannya, suatu ketika si itik buruk berniat menenangkan diri sejenak dari kekecewaan yang dialaminya, tidak disangka si itik malah makin menjauh dari tempat tinggal dan saudara-saudaranya karena ada sepasukan pemburu yang menembaki ke arahnya - mereka adalah pemburu angsa. Si itik buruk rupa meneruskan perjalanannya, hingga dia bertemu dengan kawanan angsa yang cantik, tapi karena malu akan keadaanya dia hanya menunduk dan menyembunyikan kepalanya dibalik sayapnya, bukannya menjauh para kawanan angsa itu malah makin mendekat kearah si itik buruk rupa. Hayoo tebak kenapa?

Postingan ini dibuat dan diikutsertakan dalam event: Reading Challenge FYE Children Literature yang dihost oleh Kak Busyra.

Posting Komentar

Designed by FlexyCreatives