Review: Follow @MerryRiana


Judul: Follow @MerryRiana
Penulis: Debbie Wijaya
Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama
Tebal : 360 halaman
Terbit : April 2013
ISBN : 978-979-22-9333-3


@MerryRiana: “Don’t chase after money. Rather, chase your passion, and money will chase after you.”

Alhamdulillah, thanks to Mas Dion dan Mba Yudith yang sudah mau membagikan buku ini untuk di review oleh "masyarakat" BBI dan yay! saya kebagian buku luar biasa ini "Follow @MerryRiana" yang ditulis oleh Debbie mungkin agak berbeda dengan yang ditulis oleh Alberthiene Endah, meski sama-sama menceritakan tentang Merry Riana - ini karena Debbie lebih menceritakan dari sudut pandangnya sebagai seorang penggemar Merry dan bagaimana kehidupannya berubah menjadi lebih baik setelah mengenal Merry Riana.

Tokoh utama di novel ini bernama Karen Christabella, akrab dipanggil Bella. Awalnya kehidupan Bella baik-baik saja, bisa dibilang masih dalam zona nyamannya sebagai seorang wanita usia 20-an awal, bekerja sebagai staf HRD di perusahaan ternama yang memiliki banyak anak perusahaan, dengan gaji yang bisa dibilang lumayan, memiliki pacar seorang co-pilot yang cukup tampan dan sudah pacaran selama 3 tahun - keluarga yang selalu mendukung Bella dalam segala hal juga teman-temannya di Grup Paduan Suara dan Dance yang sudah dikenalnya bertahun-tahun.

Hingga suatu hari, Everell, perusahaan tempat Bella bekerja memberinya tawaran untuk keluar dari zona nyamannya sebagai karyawan reguler untuk ikut dalam program perusahaan bernama NEXT - lulusan NEXT nantinya akan menduduki posisi manajerial di perusahaan, tentunya dengan standard kelulusan yang sudah ditetapkan oleh perusahaan dan tidak semudah yang dibayangkan.

Disinilah awal mulanya Bella, berkenalan dengan Merry Riana, bukan bertemu langsung melainkan melalui buku "Mimpi Sejuta Dollar" dan media sosial twitter. Singkat cerita, Bella, terpilih sebagai lulusan NEXT dengan predikat nilai terbaik, Bella kemudian ditempatkan di salah satu anak perusahaan Everell yang bergerak dibidang kelapa sawit bernama Palmoris.


Bagaimana kerasnya perjuangan Bella berusaha menjaga agar kehidupannya tetap berjalan "normal" setelah bekerja di Palmoris ternyata masih jauh dari kata normal seperti apa yang Bella dan semua orang harapkan, di tengah jatuh bangunnya Bella, dan orang-orang terdekatnya yang mulai jauh, disana ada kata-kata penyemangat dari Merry Riana lewat twitternya yang mampu membuat Bella bertahan. Hingga akhirnya karena Merry Riana pula - Bella mampu menemukan apa tujuan hidupnya selama ini, Bella kembali menemukan kebahagiaannya - keluarganya dan juga-teman-temannya yang selama dia bekerja di Palmoris telah dia lupakan.

Finally Bella find his passion thru Merry Riana - yay!

Selesai membaca buku ini, saya langsung order buku Mimpi Sejuta Dollar, lho - pengen juga ketularan menemukan tujuan hidup seperti Bella a.k.a Debbie (sang author) ^_^
Jika Merry Riana bisa merubah hidup seorang Debbie Wijaya, dia juga bisa merubah hidup semua orang, including me and you, right? ^_^
Kalimat itulah yang ada dipikiran saya setelah menutup buku ini..

Buku ini saya rekomendasikan untuk siapa aja - terutama buat para teman-teman saya yang merasa belum menemukan passion.nya..cara bercerita Debbie sangat menyenangkan, buku ini membuat saya terharu, tersenyum-senyum sendiri dan tercenung beberapa kali - baik itu karena tweet Merry Riana ataupun quote dari Debbie sendiri..

Happy reading and ready to fulfilling your life ^_^
@MerryRiana: Kebanyakan orang tidak memperoleh apa yang mereka inginkan dalam hidup ini karena mereka tidak mengetahui apa yang mereka inginkan
  1. Hahahah, aku terjebak nih. Kupikir, buku "Follow @MerryRiana" isinya tulisan tentang Merry Riana trus ngajak kita follow dia biar dapat banyak info sekaligus ilmu dari Merry Riana. Ternyata-eh-ternyata isinya semacam novel yah? Namun, biarpun konsepnya novel tetap ada pesan moral positif untuk para pembacanya, bukan?

    Ratri Ade Prima Puspita
    @ratweezia

    BalasHapus
  2. Beberapa hari belakangan aku mendadak pengen baca tentang Merry Riana.... jadi tambah kepengen karena baca review ini. Kata-kata Merry meski pendek juga bisa ngena.....

    BalasHapus

Designed by FlexyCreatives