[Gagas Debut] Ask The Author: Karizza Rakmavika


Mohon maaf nih readers'
Jadwal postingan Gagas Debut saya agak terlambat - my mistake @_@
Maafkan saya ya Om Em ..

Langsung aja *karena uda telat* Kali ini kita akan berkenalan dengan penulis novel Secret Admirer yang kemarin novelnya baru aja saya review ^_^
Ini dia perbincangan singkat (via email) saya dengan Zsa, panggilan akrab Karizza.

Nama: Karizza Rakmavika
Twitter: @rakmavika_girl
Facebook: Karizza Rakmavika
Goodreads: -
Website/Blog:  karizzarakmavika.blogspot.com
Hobi: Menulis, masak, membuat kerajinan tangan, dan menonton
Penulis favorit: Ilana Tan dan Alberthiene Endah








*cantik yaahhh pemirsah*

Hallo Zsa, kalo boleh tahu, darimana mendapat ide penulisan novel Secret Admirer?
Ide penulisan Novel Secret Admirer ini karena aku suka dengan quote ‘dibalik setiap pria yang sukses pasti ada perempuan yang hebat’
Lalu juga aku ingin semua orang itu bisa mengejar mimpinya masing-masing seperti Thor dalam tokoh ini yang mengejar mimpinya jadi Idol walaupun tidak dapat dukungan dari orang tuanya.
Mungkin ini juga sekaligus menyemangati diri aku sendiri..Ehehehehe..

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan novel ini?
Hmm...kalo ditanya pertanyaan ini sesungguhnya aku malu banget jawabnya...
Novel ini aku buat waktu boyband korea Mblaq dan Beast debut hingga terbit pada tahun 2012 ...
Jadi mungkin kurang lebih memakan waktu 3 atau 4 tahun kali ya.
Lamanya itu bukan karena kekurangan atau mampet ide, tapi karena akunya sendiri yang kurang memprioritaskan menulis, jadi proses menulisnya kalau aku sedang mood saja, makanya lama.

Adakah pengalaman menarik sewaktu menulis novel ini?
Pengalaman menariknya ya...
Bukan sewaktu proses penulisan sih..tapi lebih saat proses pengiriman naskah dan proses penerimaan penerbitan. Jujur saat mengirimkan naskah ini aku segan kirimkan ke GagasMedia. Aku pikir level Gagas Media itu terlalu tinggi untuk anak macam aku, jadi agak minder juga, tapi tetap aku kirimkan juga karena aku pikir tidak ada ruginya untuk aku (nothing to lose aja). Beberapa bulan kemudian aku ditelepon oleh Kak Christian yang memberi tahu kalau novel aku akan diterbitkan oleh GagasMedia. Yay! Selamat yaa ^_^

Oia, kasih bocoran dong, bagaimana perasaan kamu saat menerima kabar bahwa Gagas tertarik untuk menerbitkan novel Secret Admirer?
Yang pertama kali aku lakukan setelah menerima telepon dari Kak Christian mengenai penerbitan novel aku adalah teriak kesenangan sampe semua orang rumah kaget. Benar-benar senang karena terbitnya Secret Admirer itu mewujudkan salah satu mimpi aku sebagai penulis. Dan setelah beredar di toko-toko buku, seperti orang norak aku langsung foto diri aku dengan rak yang memajang Secret Admirer.

Selain menulis, apa saja kesibukan kamu saat ini?
Selain menulis, kesibukan aku adalah menjadi mahasiswa hukum, les bahasa , dan aktif di kegiatan dan kepanitiaan kampus. Setelah Secret Admirer terbit, aku segera disibukan oleh penulisan skripsi dan setelahnya aku exchange student ke Korea Selatan selama 1 bulan.
Kalau kesibukan aku sekarang adalah aku lanjut S2 di universitas yang sama Universitas Indonesia, les bahasa, kepanitiaan kampus, dan jadi intern si salah satu website dan aplikasi fashion di Jakarta. Tapi disela-sela kesibukan ini, aku masih berusaha untuk menulis sedikit demi sedikit. Doakan lancar ya. Karena aku juga sudah enggak sabar pengen mendengar komentar teman-teman tentang tulisan aku.

Setelah membaca Secret Admirer, saya jadi penasaran, siapa yah boyband favorit kamu?
Pertama-tama terima kasih sudah membaca Secret Admirer, mudah-mudahan kamu suka dengan ceritanya ya.. Kelihatan banget ya aku suka sama Kpop... Jadi malu..ahahaha...
Hmm... Saat ini aku suka banget sama Boy Band Sment terbaru, yaitu EXO terutama EXO M Xiumin.. *tersipu malu* Ada yang suka enggak sama dia?  
Duh saya malah baru denger namanya @_@ *kuperabis*

Dan aku beruntung banget ketika aku di Korea mereka lagi promo Wolf dan Growl... itu kayak EXO everywhere...
Tapi yang selalu ada di hati aku adalah Girls Generation yang selalu cantik, Big Bang esp. sexy G-dragon, dan Shinee..Tapi karena sudah kembali ke kesibukan sehari-hari...Aku jadi kurang update tentang kpop dan kdrama.. *sedih*

Selain Thor dan Gaea, ada tokoh Pandora – kalau boleh tahu, kenapa kamu menciptakan tokoh Pandora, dan kenapa kemunculannya hanya sebentar (banget) ^_^ ?
Sebenarnya Pandora itu memegang peranan yang penting untuk menyadarkan Gaea akan perasaannya pada Thor...Sesungguhnya ada lagi kemunculannya di belakang cerita, tapi bagian itu diputuskan oleh pihak penerbit untuk diedit...Maaf ya bila kemunculan tokoh ini membingungkan..

Setelah novel Secret Admirer, apa proyek yang akan kamu kerjakan selanjutnya?
Setelah Secret Admirer dan setelah kurang lebih satu tahun tidak menyapa teman-teman aku sedang berusaha menulis tulisan yang sesuai dengan standar dari pihak Gagas Media, yang sudah berbaik hati menerbitkan tulisan pertama aku yang masih cacat disana dan disini. Sekaligus selalu menambah ilmu pengetahuan dan pengalaman aku dibidang penulisan.

Kalau boleh tahu, apa nih impian terbesar kamu?
Impian terbesar aku dibidang penulisan adalah...Aku ingin multi talent seperti Raditya Dika...
Bisa menulis, memproduksi film, dan being entertainer..Karena seperti halnya Kak Raditya Dika, aku menyukai dunia entertainment dan sangat ingin terjun kedunia itu. Bila ada kesempatan belajar dari Kak Raditya Dika ..aku pasti merasa sangat terhomat dan beruntung.

Last question for Zsa, yay! *tebar confetti* Mungkin ada pesan yang ingin kamu sampaikan untuk pembaca novel kamu?
Pertama-tama aku ingin mengucapkan terima kasih kepada teman-teman yang sudah membaca dan menyukai Secret Admirer walaupun masih banyak banget kekurangan...sungguh-sungguh terima kasih banyak yaaa... Aku janji akan terus belajar dan memperbaiki diri untuk tulisan-tulisan aku yang berikutnya. Oleh karena itu, mohon dukungannya selalu ya teman-teman, karena aku ingin selalu bisa menyapa teman-teman lewat tulisan-tulisanku lagi.

Voila, akhirnya selesai juga..
Terima kasih banyak atas waktu dan kesediaan untuk menjawab pertanyaan dari saya.. sukses selalu untuk Karizza Rakmavika, ditunggu karya-karya selanjutnya  ^_^
  1. Super cute <3

    makasih buat pujiannya yaa ...
    maafin aku ya,
    karena miskomunikasi jadi terlambat <3..

    BalasHapus

Designed by FlexyCreatives