Review: Lost & Found


Judul: Lost & Found
Penulis: Sisca Spencer Hoky
Tebal: 204 halaman
Harga: Rp. 37.000,-
Penerbit: GagasMedia

"Losing is not the end of things. Losing is a brand new start. When everything seems to be in a hopeless state, hope will rise. When someone you once consider as everything has gone, a better someone will come to replace it."

Novel ini berkisah tentang kisah cinta Jane, Chris, dan Xander mantan cinta lama Jane. Meski, nama tokohnya bule semua - ngga perlu khawatir kalau novel ini akan di dominasi oleh bahasa Inggris, buang jauh-jauh ke kahwatiran kalian, karena porsinya hanya 40% kok, #heh.

Oke, lanjut ke bagian ceritanya yah..

Jane adalah seorang gadis cantik yang hobinya fitness ke-gym untuk olahraga, dia selalu menjaga berat badannya agak tetap bugar dan langsing, sayang dia tidak pandai mengatur kondisi hatinya. Karena Jane ternyata tipikal orang yang tidak bisa move-on, dia tidak berminat pada setiap laki-laki yang mencoba dekat dengan Jane, termasuk Chris, cowok ganteng, tajir, pewaris tunggal perusahaan keluarga dan dia tinggal sendiri di rumah yang mewah (damn-he's-so-perfect). Jane, lebih memilih terkekang oleh kenangan masa lalunya dengan Xander, cinta masa SMA-nya yang ngga dewasa.

Apakah sikap Jane itu karena dia masih cinta sama Xander atau dia cuma penasaran aja sama Xander. Karena rasanya aku juga pernah di posisi seperti itu dulu, terikat sama kenangan cinta pertama SMP, dibilang masih cinta kok ya engga (karena daftar nama mantan pacarku juga makin panjang), jadi apa dong? mungkin sebenernya aku pengen tahu aja dari mulutnya sendiri, kenapa kok aku diputusin begitu aja, di buang begitu aja (kasar banget sih bahasanya) Mungkin seperti itu kondisi Jane. Penasaran (entah kenapa kata penasaran selalu ngingetin aku soal Hantu Penasaran, padahal ini bukan novel horor, okey abaikan) Tapi mungkin, setelah dapat jawaban, ya mungkin selesai juga semuanya.

The question is, akankah Jane menemukan jawaban atas apa yang dia cari selama ini dari Xander? Lalu, bisakah Chris tetap mencintai Jane setelah dirinya dilukai? Baca kelanjutan ceritanya di novel ini, yawh.



My thought:
Dari semua proses mereview, aku paling suka klo sudah di bagian "my thought" a.k.a menurut-gue..
Pertama, covernya - I'm lost sodara-sodara. Karena rasanya cover gambar permen-cicak-hancur-utuh itu kurang menggambarkan judul buku dan isinya. Dan, ilustrasi dalamnya juga, hih! Itu lebih cocok untuk novel yang temanya kuliner, kaya novel yang sebelumnya saya baca - My Cup of Tea. So, for this time, Gagas gagal di masalah cover buku dan ilustrasi.

Klimaksnya..baru mendekati akhir halaman (in my opinion), dengan ketebalan 197 halaman, klimaks cerita malah ada di sekitar halaman 160 #jdeng
Jadi endingnya bisa aku bilang - terlalu terburu-buru, tapi ya sudahlah.

Novel ini banyak bagian yang menceritakan soal kegiatan fitness-nya Jane, yang menurut aku agak berlebihan, diulang berkali-kali (sampe bosen banget rasanya). Dan, ini yang paling penting dari semuanya..aku ngga suka karakter Jane, omaygod! you must read this book! (ini statement paling memusingkan, bilang ngga suka tapi nyuruh orang lain buat baca, apa coba maksudnya? maksudnya supaya lo tahu maksud gue? #ngomongsendiri)

Ngga sopan rasanya klo kita cuma bicara kekurangan buku ini tanpa menyinggung kelebihannya..(yang mana itu tugas berat buatku). Umm, aku suka cara penulis menyampaikan cerita, alurnya juga mudah diikuti (sangat mudah diikuti malah) penggambaran tokohnya juga cukup jelas (saking jelasnya sampai aku bete sama salah satu tokohnya) dan aku suka endingnya, diluar bayanganku semula. Yay! Hooray! *tebar confetti*

O..o..o..satu lagi, diantara sekian banyak sinopsis novel Gagas Debut, ini salah satu novel yang sinopsis.nya ngga menyesatkan dan melenceng dari isi buku. Congrats.

#OOT Sinopsis: kenapa sih sinopsis novel romance lokal kebanyakan tentang puisi cinta? did you know, that it's a boring thing? Apa jangan-jangan para penulis itu punya selera yang sama, suka puisi cinta? Well, I think you should consider it again..coz I'm not a big fan of love poems.
  1. Covernya sungguh menarik, dan ratingnya di GR juga lumayan. Semoga kesampaian baca :) thx for review

    BalasHapus
  2. Waktu itu mau beli buku ini, blurbnya nggak nahan, covernya juga, kayak makanan coklat kecil m&m gitu, rasanya pengen dilahap saja *eh*. Ini penulisnya orang Indo bukan Kak? Kalau namanya sih kayak bukan, tapi anyway... ceritanya kayaknya bakal menggugah, belum baca nih u,u

    BalasHapus
  3. Kyaa penasaran banget dengan kelanjutan kisah cinta Jane dan Xander :( akankah Jane menemukan jawaban atas apa yang dia cari selama ini dari Xander? tell me kak.. tell me :3

    BalasHapus
  4. Waktu itu mau beli buku ini, tapi gak jadi karena lumayan tipis :D
    Sekarang mah banyak kak, sinopsis yang menyesatkan pembaca-_- aku dulu sering tertipu, sinopsis/blurb/puisi(ini lebih parah;gak menggambarkan apapun-_-) lari sama isinya (bahkan gak sesuai harapan saat uda dibeli: rasanya itu nyesek abis!) tapi untung kenal BBI, jadi kalau mau beli buku, tinggal cek review-annya, hampir semua pas sama selera baca saya. Apalagi sama review-an kak Winda, terlalu jujur sama kekurangan dan kelebihannya hehe tapi itu yang buat aku betah baca walau sekedar cuci mata (abis belum ada duit buat beli bukunya wkwk)
    Review-an ini buat penasaran, walau isinya sedikit terbilang kurang memuaskan, bener kak, covernya aneh, gak cocok sama judul (ini juga faktor saya gagal beli).
    Karakter jane gimana kak? Please, spoiler dikit xD

    BalasHapus
  5. Jadi penasaran siapa yang akan jane pilih :) Mending chris-nya buat aku aj deh biar jane gak bingung, hehe..

    BalasHapus
  6. widih dari judulnya aja udah bikin penasaran! Baca review kk makin bikin penasaran sama novelnya :D
    Reviewnya jelas dan ga bertele-tele, asik bacanya! hehe

    BalasHapus
  7. Lost and Found ..

    Langsung tertarik buat ngeklik dan baca lengkap reviewnya. Selesai baca, sekarang tertarik buat punya dan baca bukunya *lemparin voucher beli buku ke aku, tanggungjawab heeeeeeiiii :p

    Tema cinta dan patah hati plus move on itu kesukaannya aku banget *curhat*. Apalagi kalo ada bahasa-bahasa Inggrisnya gitu, bisa sekalian sedikit ngebenerin kemampuan bahasa Inggris ala aku yang acakadul banget *curhat lagi*. Enggg, apalagi kalo banyak puisi cintanya. Aaaaakkk sukaaa.. romantis ampe kadang bikin nangis *curhat lagi-lagi & ditimpuk yang punya blog* hih, ampuuun! :D

    Umm, omong-omong soal Jane, kok aku juga kayaknya ngalamin hal serupa deh, penasaran sama cowok yang pernah ngejahatin, dan rasa penasaran itu makin lama makin berakar, meski cowok-cowok baik itu banyak berseliweran di depan mata. Pas baca review buku ini, jadi ngerasa sadar *selama ini pingsan* kalo bisa jadi rasa yang aku punya itu bukan lagi bernama cinta. Hanya penasaran aja. titik :)))

    So akhir kataa, reviewnya cantik, sukses bikin penasaran dan curcol >,<

    BalasHapus
  8. Halo, Kak..
    salam kenal :)

    versi my thoughtnya keren! :D
    jadi penasaran, gimana ceritanya..
    tapi, ratingnya berapa bintang nih kalau menurut Kakak?

    BalasHapus
  9. Halo mba,
    Mau tanya, gimana sih caranya biar gambar di blogspot ketika mouse mendekati gambar, gambarnya bisa bergerak begitu.
    Aku punya blog dan ingin seperti gambar/foto di blog mba.
    Tolong kasih tahu triknya ya..
    hehe

    BalasHapus

Designed by FlexyCreatives