Review: After Rain

Judul: After Rain
Penulis: Anggun Prameswari
Editor: Ayuning
Proofreader: Jia Effendi
Penerbit: Gagas Media

Sinopsis:



"Suatu saat aku berhenti menangisimu"

Novel ini berkisah tentang seorang wanita bernama Senja, yang begitu dibutakan oleh cintanya pada Bara, kekasihnya yang sudah menikah, beristri dan punya seorang anak - dan satu tokoh lagi bernama Elang, guru musik yang dingin dan cuek. Bagaimana ketiga tokoh ini bisa saling berhubungan, baca sendiri kisahnya di novel ini. #heh #melipirpergi #laluditendang

Senja dan Bara sebenarnya adalah sepasang kekasih yang saling mencintai, hanya saja~keadaanlah yang membuat keduanya tidak bisa benar-benar disebut sebagai kekasih. Hubungan yang sudah Senja jalani selama 10 tahun termasuk 3 tahun sebagai selingkuhan Bara kali ini membuat Senja menuntut lebih, dia ingin Bara memilih dirinya ketimbang Anggi dan Lily, istri dan anak perempuan semata wayang Bara. Sayang sekali permintaan Senja kali ini tidak bisa dikabulkan Bara. Kecewa~sudah pasti.

Semenjak permintaan mustahil itu hubungan Senja dan Bara semakin aneh~Bara terlihat berusaha menjauh dan menjaga jarak, bahkan tanpa berusaha membicarakan dengan Senja, Bara langsung minta dimutasikan ke Denpasar, alasannya dia ingin lebih fokus ke pekerjaan, satu hal yang sulit dilakukan jika ada Senja di dekatnya. Oh, saya lupa bilang~mereka ini kerja di kantor yang sama.

So, makin kecewa dan patah hati-lah Senja. Jadi ketika ada tawaran untuk bekerja di tempat lain, Senja segera menerimanya, tidak ada gunanya Senja tetap di kantor apabila tidak ada Bara disisinya, jadi lebih baik membuang semua kenangan itu dan memulai dari awal. Saya kira itulah yang ada dipikiran Senja saat itu.
"Kenapa kamu minta berhenti? Kamu marah sama aku? Kamu mau ninggalin aku?"
"Kamu yang ninggalin aku lebih dulu"
"Jadi, ini semacam dendam? Kamu mau aku pelan-pelan busuk disini tanpa kamu?"
"Kamu nyuekin aku, Bar. Seakan aku nggak ada. Seakan aku ini nggak pantes buat dilihat. Aku yang akan bikin ini gampang. Selama ini, kamu yang selalu ninggalin aku. Kali ini biar aku yang pergi" (After Rain, hal. 109)
Seteleh mengundurkan diri dan Senja bekerja di tempat yang baru sebagai guru Bahasa Inggris, pelan-pelan dia mulai menata kembali kepingan hatinya yang sempat porak-poranda karena ulah Bara, di saat itu juga dia bertemu dengan Elang, seorang guru musik yang bekerja di sekolah yang sama dengan Senja. Hubungan keduanya bisa dibilang tidak terlalu baik diawal, Elang adalah pribadi yang dingin dan cuek, di tambah lagi ternyata dia memiliki persoalan cinta yang serupa~sama-sama sebagai pihak yang ditinggalkan, membuat Elang makin susah untuk didekati alih-alih dipahami.

Tetapi, ketika Senja sudah bisa pulih dari kesedihannya dan kepingan hatinya sudah tersusun dengan rapi, Bara kembali menyusup di kehidupan Senja dan meminta dia untuk tinggal disisinya. Bara berniat menceraikan Anggi dan meninggalkan keluarganya demi Senja.

Shock? Harus! Karena saya aja shock masa kalian enggak siyh.. #maksa
Jadi bagaimana, kelanjutan kisah cinta Senja, Bara dan Elang..? Siapakah yang akan dipilih Senja, Bara, cinta 10 tahunnya ataukah Elang, lelaki dengan kesedihan yang sama dengannya?
Sepuluh tahun. Seratus dua puluh bulan. Entah berapa ribu hari. Hanya ada nama Bara yang bergema menggaung ke pelosok rongga tubuhku. Aku tak pernah membayangkan hidup tanpa Bara atau bersanding dengan yang lain. He’s my first and definitely will be my last. No doubt.
picture from here, edited by me

My personal thought:
Satu kalimat aja yah~saya nggak bisa berhenti baca buku ini sampai habis.
Nggak percaya aja rasanya klo ini adalah novel debutnya Anggun, debutnya aja sebagus ini gimana yang bukan debut *menanti buku terbaru di emperan toko buku*

Satu yang saya kurang suka, ada bagian flashback-nya yang beberapa kali dimunculkan di tengah-tengah cerita. Emang sih itu perlu, supaya pembaca bisa benar-benar mendalami cerita dan kisah cinta Senja dan Bara~tapi, menurutku sih sebaiknya dikurangin bagian flashback itu.

Selebihnya saya suka, tema cerita ini favorit saya banget #hohoho
Jadi saya nggak akan banyak protes~covernya kece, ilustrasi dalamnya juga kece, penulisnya apalagi~ngga perlu ditanya. Kalo ada yang ngga suka dengan karakter Senja, buat saya itu masalah mereka, hehe..para tokoh di novel ini lovable semua kok dan dari semua karakter aku paling suka sama Kenzo *tuh, ngga tahukan siapa Kenzo, makanya baca novel ini*

Very Recommended pokoknya ^_^

Posting Komentar

Designed by FlexyCreatives