Review: A Dandelion Wish - HaSyWaRo

Judul: A Dandelion Wish
Penulis: Xi Zhi
Penerjemah:Jeanni Hidayat
Proofreader: Yuli Yono
Penerbit: Haru

Sinopsis:



Buat sebagian pembaca mungkin tema amnesia atau hilang ingatan termasuk salah satu bacaan yang akan mereka hindari saking klisenya. Berhubung saya ini belum pernah sekalipun baca novel dengan tema amnesia, jadi saya belum bisa merasakan apa yang mereka rasakan ^_^. So far, I'm fine with it.

Sesuai apa yang dituliskan di sinopsisnya, novel ini bercerita tentang Bai Qian Xun, seorang dokter bedah yang terkenal dingin dan cuek, dan seorang laki-laki yang hilang ingatan, bernama Cheng Feng (nama sementara). Awalnya Bai Qian Xun mengijinkan Cheng Feng tinggal untuk satu malam, tapi karena french toast, menu sarapan buatan Cheng Feng terasa begitu lezat di mulut Bai Qian Xun, dia pun terpaksa memikirkan cara untuk membuat Cheng Feng tinggal lebih lama lagi, alasan Bai Qian Xun kala itu, dia membutuhkan seseorang untuk membantunya membersihkan rumah dan membuatkan makanan. Jadi, resmi sudah, Cheng Feng seorang laki-laki tampan, mahir memasak dan sayangnya sedang kehilangan ingatan harus rela menjadi pengurus rumah (dan juga perut) Bai Qian Xun, dokter wanita yang dingin, keras kepala dan cuek bukan main.

Selama tinggal dengan Bai Qian Xun, Cheng Feng benar-benar mengurus keperluan rumah dan makanan majikannya dengan sangat baik, jauh lebih baik jika Bai Qian Xun yang melakukannya, bahkan sesekali Cheng Feng akan mengantarkan makan siang/ malam kerumah sakit tempat Bai Qian Xun bekerja. Kalian semua pasti bisa menebak kan, jika laki-laki dan perempuan yang saat itu sama-sama masih sendiri, kemudian tinggal satu rumah berakhir bagaimana? Yup! Setelah beberapa hari dan minggu tinggal bersama, mereka, akhirnya meresmikan diri sebagai pasangan kekasih. Yay! I'm so happy.

"Aku lupa siapa yang memberitahukan padaku, tapi cobalah ucapkan sebuah permohonan lalu tiup bunga itu sekuat tenaga. Jika bijinya semua lepas dan berterbangan maka permohonanmu akan cepat terkabul" (Cheng Feng, hal. 128)
"Baiklah, baiklah, aku akan buat permohonan! Aku ingin Osama Bin Laden jatuh cinta pada Bush, lalu Hillary dan Obama menjadi pasangan suami-istri" (Bai Qian Xun, hal. 129)
picture from here, edited by me
Konflik cerita baru dimulai ketika mereka sudah menjadi sepasang kekasih. Cheng Feng yang saat itu adalah seorang pengangguran dan hidup menumpang pada Bai Qian Xun, jelas saja mendapat penolakan dari keluarga Bai Qian Xun terutama Ibunya. Masalah bertambah pelik saat Cheng Feng tidak sengaja bertemu dengan saudara tirinya yang ternyata adalah seorang Kepala Rumah Sakit di tempat Bai Qian Xun bekerja, pertemuan yang tidak disengaja itu seketika mengembalikan ingatan Cheng Feng, yang kemudian diketahui bahwa nama aslinya adalah Ou Yang Xing.

Siapakah Ou Yang Xing?
Apakah dia masih bisa mengingat hubungannya dengan Bai Qian Xun?

Kalau kalian bisa menebak pertanyaan pertama, nanti itu akan menjelaskan kenapa Cheng Feng a.k.a Ou Yang Xing bisa memasak makanan yang sangat lezat - oops, spoiler alert #zipmouth

My personal thought:
Ini buku terjemahan Taiwan pertama yang aku baca (suer!) bahkan Meteor Garden versi komik aja aku belum baca #fansF4.
Jujur, saya lebih suka novel terjemahan Korea, ahahaha..bukan karena novel ini nggak menarik, sama sekali bukan. Tapi, karena selama ini saya sudah dimanjakan sama cerita-cerita Korea dan mungkin juga dialog-dialog tokohnya (yang super konyol).

Oke, pertama kita bahas bagian depannya, cover buku. Agak sedikit berbeda dengan yang selama ini sudah diterbitkan oleh Haru, klo dilihat sekilas seperti bukan novel Haru yang biasanya cute dan eyecandy.

Sinopsisnya, saya suka (banget). Sangat mengambarkan isi buku, yay! #girang

Mengenai isi buku, terutama hasil terjemahannya, agak kurang memuaskan, meskipun tidak sampai mempengaruhi isi cerita sih, but still..rasanya ada yang belum pas. Mungkin, terletak di susunan kalimat atau pemilihan beberapa kata yang menurut saya masih kurang sesuai.

Oia - bicara soal Taiwan dan amnesia - pikiranku beberapa kali kebayang film Meteor Garden pas Dao Ming Tse yang lagi hilang ingatan karena kecelakaan, dimana itu, Barcelona, right? #salahfokus

Untuk tokoh favorit, saya suka Bai Qian Xun, karakternya digambarkan tough, nggak cengeng dan nggak mudah putus asa. Apalagi saat dia harus menghadapi penolakan dari Ibunya dan merelakan Cheng Feng untuk *sensor* dia bisa gitu langsung move-on tanpa berlama-lama tenggelam dalam kesedihan. She's-just-wow! Coba klo itu kejadian sama saya..? #pastisedihkuadrat

Well, pokoknya saya suka ide cerita tentang amnesia. Sungguh, saya suka tema satu itu, entah kenapa ^_^ apa karena saya pernah pengen amnesia. #hush #dikeplakbakiak
  1. pengin baca ini juga. Kalau novel Taiwan cuma pernah baca novelnya Chiung Yao (yang nulis Putri Huan Zhu sama Kabut Cinta XD)

    eh, kalau F4 komiknya dari Jepang deh. Judul aslinya Hana Yori Dango.

    BalasHapus

Designed by FlexyCreatives