[BLOGTOUR] What To Say Next by Julie Buxbaum


Judul: What to Say Next
Penulis: Julie Buxbaum
Penerbit: Spring
Tebal: 370 hlm
ISBN: 978-602-6682-17-8

Sinopsis:
Kit, gadis populer yang tidak tahan karena kehidupan berjalan normal padahal ayahnya baru saja meninggal - memutuskan untuk makan siang bersama pemuda antisosial genius bernama David Drucker. Di luar dugaan, mereka mengisi satu sama lain.

Sampai akhirnya kebenaran tentang kematian ayah Kit perlahan terungkap.

Bisakah persahabatan mereka bertahan walau diterpa kebenaran?



Review:
Saya suka sama novel ini, karena tokoh David itu loveable, dia konyol maksimal, I love him instantly. Serius! Diluar fakta bahwa dia ternyata autis - well, orang autis kebanyakan emang jalan pikirannya jauh banget diatas kita orang normal - itu yang bikin saya jadi jatuh cinta at the first reading.

Kebiasaan David yang suka mencatat segala hal yang dilihat dan juga dialaminya - masuk sebagai extra poin kenapa kamu harus suka anak ini #kokmaksa - bahkan Kit (si tokoh perempuan) juga gak luput dari observasinya (he is so cute kan?)

Oke, gak perlu berlama-lama fangirling.nya ama David, nanti kalian bosan trus gak mau nerusin baca, So, novel ini aku bilang novel remaja yang temanya khas Penerbit Spring banget, Remaja, Psikologi, Keluarga, Trauma, sejenisnya - which is I LOVE SO MUCH (yes! I am a fan of this kind of topic, mempelajari sisi manusia lewat cerita).

Seperti yang dituangkan di Sinopsis, Kit si tokoh utama baru saja kehilangan Ayahynya karena kecelakaan mobil. Dia dalam kondisi yang cukup terguncang - bukan hanya Kit, Ibunya pun sama - hanya saja orang dewasa lebih mampu menghadapi kesedihan dibandingkan Remaja SMA, iya kan?

Kit sendiri punya cara untuk menghadapi kesedihan dia - salah satunya berteman dengan David, pemuda antisosial dengan pikirannya yang gak umum *lol* semakin banyak Kit dan David menghabiskan waktu berdua, kedekatan mereka juga saling mempengaruhi keduanya untuk saling terbuka dan berbagi. Bahkan keduanya sering sekali menghabiskan waktu di Mc Cormick, untuk sekedar melahap Hamburger dan Milkshakes. Setiap kali Kit menyebutkan Mc Cormick, saya pasti bayangin Milkshake.nya A&W 🤣🤣 - mungkin mirip begitu ya penampakan Mc Cormick kalo di Indonesia kan.

Hingga pada akhirnya David harus dihadapkan dengan kebenaran yang selama ini disembunyikan oleh Kit, dan kebenaran yang diketahuinya malah membuat dia bereaksi berlebihan (kalian harus ingat bahwa David bukan pemuda biasa) sehingga hal itu mengakibatkan David melukai perasaan Kit dan mereka tidak lagi bersahabat.

"...aku lupa peraturan nomor empat. Pikirkan tentang situasinya dari sudut pandang orang lain" -David (hal.334)

My Tought:
Jadi menurut kalian, kebenaran tentang apa sebenanrnya yang diketahui David? Saya juga bertanya hal yang sama ketika membaca sinopsisnya - percaya deh, apa yang kalian temukan di akhir cerita bakalan bikin gak percaya - twistnya kece banget.

Novel ini banyak bercerita tentang keluarga dan bagaimana suatu keluarga mendukung satu sama lain, ketika ada salah satu anggota keluarga yang sedang kesulitan (termasuk kesulitan melepaskan diri dari trauma dan kesedihan) - saya sangat suka Ibu Kit dan juga Miney, Kakak David, karakter keduanya sangat kuat dan memiliki peran yang cukup besar di kehidupan kedua tokoh utama. Baca novel seperti ini bikin jeles, rasanya juga pengen punya keluarga seperti di dalam novel yang saling menguatkan satu sama lain, dan juga sangat dekat hubungan diantaranya.

Agak berbeda sekali yaa jika kita akan membandingkan kehidupan suatu keluarga di luar negeri dengan di negara kita Indonesia yang serba terikat dengan norma dan adat budaya. (whoops..kok jadi pelajaran PPKN) *lol*

Novel ini cocok untuk kalian yang tertarik dengan bacaan agak berat seputar: perjuangan, persahabatan, trauma kecelakaan dan juga kehidupan remaja.

Kalimat favorit:
"Salah satu keuntungan dari masalah yang benar-benar menghantam kita adalah, kita bisa mengetahui siapa kelompok sejati kita. Itulah satu-satunya cara untuk melaluinya. Jadi pastikan kau menemukan kelompok sejatimu, Kit" -Mom (hal. 317)
Blogtour:


Hai..
Ada yang berminat dapetin novel What to Say Next? ini?
Kalian semua wajib ikuti semua rangkaian blogtour ini ya. Karena di akhir event akan ada kejutan spesial dari Penerbit Spring.

Dan..untuk dapetin novel ini cukup dengan mengumpulkan jawaban dari masing-masing host blogtour. (Cek pada banner diatas untuk info para host.nya).

Berikut pertanyaan dari saya:

Nama tempat David dan Kit biasa menyantap Hamburger dan Milkshake?

Gampang kan jawabannya? Sambil nunggu review dari host lainnya, follow akun di bawah ini yuk.

1. Twitter @windascorfi dan @penerbitspring
2. Ig @roempibuku dan @penerbitspring
3. FP @penerbitharu

Good Luck ya!

Posting Komentar

Designed by FlexyCreatives